logo Header

Video Pembangunan Zona Integritas

Seputar Peradilan


Koperasi Al-Amanah PA Cianjur Gelar RAT Tahun Pembukuan 2020

Written by Admin on .

Koperasi Al-Amanah PA Cianjur Gelar RAT Tahun Pembukuan 2020

Written by Admin | Published | Hits: 54

Penasehat, pengawas dan ketua koperasi Al-Amanah

Koperasi Al-Amanah Pengadilan Agama Cianjur melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Pembukuan 2020, Rabu (10/02/2021).

Bertempat di ruang sidang PA Cianjur, RAT dimulai pada pukul 14.00 WIB diikuti oleh segenap anggota koperasi yang terdiri atas hakim, pegawai dan tenaga honorer (PPNPN).

Agenda RAT diawali dengan pembacaan dan pengesahan berita acara rapat anggota oleh Ketua Koperasi, Muhammad Lutfie A. Merujuk kepada AD/ART Koperasi Al-Amanah Pasal 8 ayat (1), bahwa Rapat Anggota sah jika yang hadir lebih dari setengah jumlah anggota koperasi. Dengan melihat absensi kehadiran yang telah mencapai lebih dari 2/3 anggota, maka dengan suara lantang dan meyakinkan, Ketua Koperasi menyatakan “sah” gelaran RAT pada hari ini.

Selanjutnya dibacakan laporan pertanggung jawaban dan laporan keuangan koperasi tahun pembukuan 2020. Dalam pemaparannya, M Lutfie menyampaikan bahwa sejak beralihnya kepengurusan pada bulan April 2020 sampai dengan Desember 2020, Koperasi telah berhasil mengumpulkan margin keuntungan dari usaha pembiayaan sebesar Rp. 16.353.900,00 (enam belas juta tiga ratus lima puluh tiga ribu sembilan ratus rupiah).

“Alhamdulillah, selama delapan bulan kepengurusan kami, telah menunjukkan progress keuangan yang positif, selain dapat mencetak margin keuntungan yang cukup signifikan, juga dapat mengurangi defisit neraca keuangan dari tahun sebelumnya,” ujar kandidat magister hukum dari Universitas Muhamadiyah Jakarta ini menuturkan.

Lebih lanjut, Lutfie mengatakan, bahwa keberhasilan yang telah didapat ini merupakan hasil kerjasama apik dari segenap anggota koperasi. Unit usaha yang dijalankan saat ini baru terfokus kepada usaha pembiayaan (simpan pinjam). Karenanya, kontribusi anggota dalam bentuk pengajuan pembiayaan memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap kemajuan koperasi.


Anggota koperasi menyimak laporan keuangan dari pengurus

Sementara itu, pengawas koperasi Al-Amanah, Fajar Hernawan menilai bahwa kinerja pengurus yang baru sudah baik, meskipun masih ditemukan beberapa kesalahan penulisan dan input data dalam pembukuannya. Namun secara umum, capaian yang telah ditorehkan oleh pengurus koperasi layak untuk diapresiasi.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Fajar, Penasehat koperasi yang dalam kesempatan ini diwakili oleh PLH Ketua, Sri Sangadatun juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas capaian kinerja dan hasil yang telah diraih oleh pengurus koperasi. Dirinya juga berharap agar capaian yang sudah baik ini tetap dipertahankan dan lebih ditingkatkan pada tahun-tahun berikutnya.

Acara RAT dipungkasi dengan pembagian doorprize kepada anggota dengan simpanan dan SHU pinjaman terbesar. Simpanan terbesar atas nama Ayi Farihat dan SHU pinjaman terbesar atas nama Aas Sadiah. selain kepada mereka berdua, doorprize juga diberikan kepada seluruh anggota koperasi yang hadir. (FH).

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Cianjur
Jl. Raya Cianjur Bandung No. 45, Cianjur 43281
Telp : (0263) 261090
Fax : (0263) 2295555
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..id

 

Peta Lokasi