logo Header

Video Pembangunan Zona Integritas

Seputar Peradilan


PA Cianjur Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Written by Admin on .

PA Cianjur Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Written by Admin | Published | Hits: 154

12
Seluruh peserta mengikuti Upacara dengan khidmat

Pengadilan Agama Cianjur pada hari Selasa (10/11/2020) menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-75 Tahun 2020.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan dimulai tepat pukul 08.00 WIB dan berlangsung khidmat. Digelar di halaman kantor Pengadilan Agama Cianjur jalan Raya Bandung No. 45 Cianjur, dihadiri oleh Pimpinan, seluruh Hakim, Aparatur Sipil Negara dan Tenaga Kontrak PA Cianjur.

Kegiatan tahunan ini diselenggarakan berdasarkan instruksi pimpinan Mahkamah Agung yang disampaikan dalam Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 1810/SEK/HM.01.2/11/2020 Perihal Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-75 Tahun 2020.

Berdasarkan Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 yang di rilis oleh Kementerian Sosial RI, peringatan kali ini mengusung tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”. Maksud tema tersebut bahwa hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kita semua.

Bertindak sebagai Pembina upacara adalah Ketua Pengadilan Agama Cianjur, Drs. H. Sahidin Mustafa, S.H., M.H. dan komandan upacara adalah Asep Saepudin, S.H.I., Panitera Pengganti PA Cianjur kelahiran Sukabumi 2 Mei 1983.

Sebelum Pembina upacara menyampaikan amanatnya, dibacakan pesan-pesan perjuangan atau kata mutiara dari para pahlawan nasional. Salah satu diantaranya adalah perkataan pahlawan nasional, Nyi Ageng Serang, saat dirinya mendengarkan keluhan keprihatinan para pengikut/rakyat, akibat perlakuan kaum penjajah. Beliau berkata:

“Untuk keamanan dan kesentausaan jiwa, kita harus mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, orang yang mendekatkan diri kepada Tuhan tidak akan terperosok hidupnya, dan tidak akan takut menghadapi cobaan hidup, karena Tuhan akan selalu menuntun dan melimpahkan anugerah yang tidak ternilai harganya”.

 

13
Hakim dan ASN PA Cianjur berpose bersama

Pada kesempatan ini, Pembina upacara, Sahidin membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI. Dalam amanatnya, dikatakan bahwa apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. Yang membedakan hanya caranya, dimana era sekarang perjuangan dilakukan untuk melawan berbagai permasalah bangsa, seperti kemiskinan, narkoba, termasuk melawan pandemi Covid-19.

“Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain dunia. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2020, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatanNya kepada bangsa Indonesia,”pungkasnya menutup amanat.
Upacara ditutup dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh H. Asep, S.Ag., M.H., Hakim PA Cianjur.

Semoga kita mewarisi nilai-nilai kepahlawanan dan dapat memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini. Aamiin. (FH).

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Cianjur
Jl. Raya Cianjur Bandung No. 45, Cianjur 43281
Telp : (0263) 261090
Fax : (0263) 2295555
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..id

 

Peta Lokasi