logo Header

Seputar Peradilan


PTA Jawa Barat Melakukan Pembinaan Dan Pengawasan di PA Cianjur

Written by Admin on .

PTA Jawa Barat Melakukan Pembinaan Dan Pengawasan di PA Cianjur

Written by Admin | Published | Hits: 58

Hakim Tinggi Pengawas sedang menyampaikan hasil temuannya

 

Dalam rangka melakukan pembinaan dan pengawasan reguler pada Pengadilan Agama Tingkat Pertama, Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat telah menunjuk tim untuk melakukan kunjungan kerja di Pengadilan Agama Cianjur.

Berbekal surat tugas yang ditandatangani oleh Wakil Ketua PTA Jawa Barat Nomor W10-A/260/HM.01/VII/2020 tanggal 23 Juli 2020, Tim yang ditunjuk untuk melakukan pembinaan dan pengawasan reguler di Pengadilan Agama Cianjur sebanyak 3 (tiga) orang, mereka adalah Dra. Hj. Musia Kartini M.Zen, Hakimi Tinggi PTA Jawa Barat, H. Dadan Satya Permana, S.H., M.H., Panitera Pengganti PTA Jawa Barat, dan Rini Iriani, S.E., Kasubag Rencana Program dan Anggaran PTA Jawa Barat.

Kunjungan kerja tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari. Dimulai pada hari Senin (03/08/2020) dan berakhir pada hari Selasa (04/08/2020).

Selain memeriksa berkas perkara untuk memastikan telah sesuai dengan administrasi persidangan dan administrasi perkara, bidang kesekretariatan dan kepaniteraan pun tak luput dari objek pemeriksaan. Realisasi DIPA, buku jurnal dan buku induk keuangan perkara, tata kelola persuratan dan perpustakaan hingga manajemen peradilan dan pelayanan publik mendapat perhatian dari semua anggota Tim pengawas. Sehubungan dengan mutasinya Ketua PA Cianjur, Dr. H. Azid Izuddin, M.H., ke PA Purwakarta sebagaimana pengumuman TPM beberapa waktu lalu, pembinaan dan pengawasan reguler kali ini pun dirangkai dengan pelaksanaan audit kinerja Ketua sebelum meninggalkan satuan kerja yang lama dan kemudian dilantik di satuan kerja yang baru.

Seperti biasa, hasil dari pembinaan dan pengawasan disampaikan secara umum dalam acara ekspose yang dilakukan di Ruang Sidang Utama PA Cianjur pada hari Selasa (04/08/2020) mulai pukul 15.45 WIB sampai pukul 16.45 WIB.

 

Seluruh Hakim dan Pegawai mengikuti Ekspose hasil pengawasan

 

Diawal pemaparannya, Ketua Tim Pembinaan dan Pengawasan PTA Jawa Barat, Dra. Hj. Musia Kartini M.Ze, menyampaikan rasa hormat dan bangga terhadap PA Cianjur, meskipun jumlah perkara di PA Cianjur cukup tinggi ditambah unsur pimpinan yang tidak lengkap karena ketiadaan wakil ketua, namun menunjukkan kinerja yang baik, dimana rasio penanganan perkara di SIPP mencapai angka 84,33 %. Selain itu, penampilan/performance gedung dan sarana prasarana PA Cianjur sangat memberikan kesan yang sangat impresif. Semakin “cantik” karena diberbagai sudut kantor dihiasi dengan berbagai macam bunga yang indah dipandang mata.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa pembinaan dan pengawasan dilakukan bukan dimaksudkan untuk mencari-cari kesalahan dan kekurangan, namun harus dipandang sebagai salah satu untuk meningkatkan kinerja. Memperbaiki yang masih belum tepat dan benar serta mempertahankan dan meningkatkan yang sudah baik.

Diakhir pemaparannya, tidak lupa Hakim Tinggi perempuan ini juga menyampaikan beberapa pesan Ketua PTA Jawa Barat kepada Pengadilan Agama Tingkat Pertama khususnya yang ada di wilayah PTA Jawa Barat, diantaranya: pertama, persentase sisa perkara diakhir tahun diusahakan seminim mungkin, dan kedua, Hakim Pengawas Bidang untuk melakukan tugasnya dengan baik, karena hawasbid yang dilakukan secara berkala merupakan salah satu instrumen untuk menimalisir kesalahan/penyimpangan yang mungkin terjadi. (FH).

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Cianjur
Jl. Raya Cianjur Bandung No. 45, Cianjur 43281
Telp : (0263) 261090
Fax : (0263) 2295555
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Peta Lokasi