logo Header

Seputar Peradilan


Mendadak, Ketua KY kunjungi PA Cianjur

Written by Admin on .

Mendadak, Ketua KY kunjungi PA Cianjur

Written by Admin | Published | Hits: 91

Ketua KY berpose bersama Ketua dan Hakim PA Cianjur

 

Ketua Komisi Yudisial RI, Dr. Jaja Ahmad Jayus, S.H., M.Hum., mengunjungi Pengadilan Agama Cianjur setelah sebelumnya melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Negeri Cianjur, Kamis (28/05/2020).

Kunjungan orang nomor satu di Lembaga penjaga marwah hakim ini cukup membuat kaget semua Hakim dan Pegawai PA Cianjur. Maklum saja, kunjungan ini tiba-tiba dan tanpa pemberitahuan sebelumnya ditengah kesibukan PA Cianjur yang sedang menyiapkan diri dalam menghadapi penilaian Zona Integritas.

Ketua Pengadilan Agama Cianjur, Dr. H. Azid Izuddin, M.H. didampingi beberapa Hakim, Sekretaris dan Panitera menyambut kedatangan beliau di lobby PA Cianjur dan selanjutnya melakukan pertemuan di ruang ketua.

Pria kelahiran Kuningan, 6 April 1965 yang sudah menjabat sebagai komisioner KY selama dua periode ini menjelaskan bahwa kunjungannya di PA Cianjur dalam rangka silaturahim sekaligus melakukan pembinaan.

“Setelah tadi saya melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Negeri Cianjur, sekarang mampir ke PA Cianjur dalam rangka silaturahim. Kesempatan yang baik ini juga saya manfaatkan untuk memberikan pembinaan kepada aparatur peradilan khususnya para hakim,” ujar Jaja mengawali pembicaraan.

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 40 menit ini, Ketua KY kembali mengingatkan semua aparatur peradilan khususnya para hakim untuk selalu menjaga marwah hakim dengan memedomani Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH). Beliau menyampaikan beberapa contoh kasus yang terjadi di beberapa daerah, baik disebabkan karena faktor moralitas, kedisiplinan maupun kurangnya profesionalitas.

Lebih lanjut, Jaja memberikan pandangannya tentang hukum progresif dan netralitas hukum terkait beberapa putusan yang dewasa ini menjadi sorotan publik terutama putusan-putusan di Pengadilan Negeri.

“Jangan sampai dengan dalih prinsip Cepat, sederhana dan biaya ringan, hakim melakukan terobosan hukum dengan menyimpangi hukum acara yang ada dan menurut yang bersangkutan itu adalah hukum yang progresif,” tuturnya.

 

Ketua KY melihat kondisi PA Cianjur

Selain melakukan pertemuan di ruang ketua, Ketua KY juga menyempatkan untuk berkeliling melihat situasi dan sarana prasarana PA Cianjur. Ketika di ruang PTSP, Jaja mengapresiasi PA Cianjur yang tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu beliau juga memberikan penilaian yang positif atas kerapihan dan kebersihan sebagian besar kantor Pengadilan Agama yang menurutnya sudah baik.

Atas kunjungan Ketua KY tersebut, Ketua Pengadilan Agama Cianjur memberikan apresiasi dan rasa terima kasihnya.

“Kami menyampaikan banyak terima kasih atas kedatangan bapak di PA Cianjur dan atas pencerahan yang telah bapak sampaikan, Insyallah memberikan manfaat kepada kami dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi kami,” pungkas Azid sesaat sebelum Ketua KY meninggalkan kantor PA. (FH)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Cianjur
Jl. Raya Cianjur Bandung No. 45, Cianjur 43281
Telp : (0263) 261090
Fax : (0263) 2295555
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Peta Lokasi