logo Header

Video Pembangunan Zona Integritas

POS BANTUAN HUKUM

Keadilan adalah hak semua orang tanpa memandang status sosial, tingkat pendidikan dan tingkat ekonomi. Untuk mewujudkan prinsip tersebut, Mahkamah Agung memiliki salah satu program unggulan yaitu Justice For The Poor (Keadilan bagi masyarakat tidak mampu). Sebagai dasar hukumnya, Mahkamah Agung telah mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu Di Pengadilan.

Pada Pasal 4 Perma Nomor 1 Tahun 2014 dijelaskan bahwa ruang lingkup layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu di Pengadilan terdiri dari:

  1. Layanan Pembebasan Biaya Perkara;
  2. Penyelenggaraan Sidang di Luar Gedung Pengadilan; dan
  3. Penyediaan Posbakum Pengadilan

Pengadilan Agama Cianjur sebagai salah satu satuan kerja dibawah Mahkamah Agung telah melaksanakan ketiga program Justice For The Poor tersebut, diantaranya dengan menyediakan Layanan Posbakum. Pada tahun 2020 ini Pengadilan Agama Cianjur mendapatkan dana untuk layanan Posbakum sebesar Rp. 70.000.000,00 (tujuh puluh juta rupiah) sebagaimana termaktub dalam petikan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2020 No. SP DIPA-005.04.2.400742/2020 tertanggal 12 November 2019.

Pengadaan pekerjaan jasa konsultasi layanan bantuan hukum pada Pos Bantuan Hukum Pengadilan Agama Cianjur Tahun Anggaran 2020 dilakukan secara transparan dan akuntabel. Setelah dilakukan serangkaian proses seleksi administrasi dan seleksi kompetensi, maka terpilih 2 (dua) Lembaga Bantuan Hukum yaitu LBH Dewan Pengurus Wil. Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia Jawa Barat dan LBH Samawa berdasarkan Surat Penetapan Hasil Pengadaan Langsung Nomor 08/PBJ/PA-CJR/II/2020 tanggal 29 Februari 2020.

Layanan Posbakum Meliputi:

  1. Konsultasi hukum.
  2. Penyediaan Advokat (penasehat hukum) untuk kasus pidana dan perdata.
  3. Pembebasan biaya perkara untuk kasus pidana maupun perdata.
  4. Sidang keliling.

Mekanisme dan Persyaratan Post Bantuan Hukum (POSBAKUM)

Adapun mekanisme dan persyaratan untuk mendapatkan bantuan hukum pada Posbakum tersebut sebagaimana yang telah ditentukan dalam Lampiran B Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 10 Tahun 2010, antara lain :

A. Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum.

Yang berhak menerima jasa dari Pos Bantuan Hukum adalah orang yang tidak mempu membayar jasa advokat terutama perempuan dan anak serta penyandang disabilitas sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik sebagai Penggugat/Pemohon maupun Tergugat/Termohon dan bantuan tersebut diberikan secara cuma-cuma tanpa dipungut Biaya.

B. Jenis Jasa Hukum.

Jenis jasa hukum yang diberikan berupa pemberian informasi, advis, konsultasi, pembuatan gugatan/permohonan.

C. Syarat dan Mekanisme Permohonan Bantuan Hukum

Pemohon jasa bantuan hukum mengajukan permohonan kepada Pos Bantuan Hukum dengan melampirkan :

  1. Mengajukan permohonan secara tertulis/lisan yang berisi sekurang-kurangnya identitas Pemohon dan uraian singkat mengenai pokok permasalahan yang dimohonkan Bantuan Hukum, dengan mengisi formulir yang telah disediakan.
  2. Menyerahkan dokumen yang berkenaan dengan perkara.
  3. Melampirkan surat keterangan miskin dari lurah, kepala desa, atau pejabat yang setingkat di tempat tinggal Pemohon Bantuan Hukum; atau
  4. Surat Keterangan Tunjangan Sosial lainnya seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), dan Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT); atau
  5. Surat Pernyataan tidak mampu membayar jasa advokat yang dibuat dan ditandatangani oleh Pemohon Bantuan Hukum dan diketahui oleh Ketua Pengadilan.

 

 

banner powbakum

Hubungi Kami

gedung kantor.jpg

Pengadilan Agama Cianjur

Jl. Raya Cianjur Bandung No. 45, Cianjur 43281

Telp : (0263) 261090

Fax : (0263) 2295555

Email :   This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

           This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Delegasi)

Peta Lokasi