Seputar Peradilan

Peringatan Hari Pahlawan : Aku Pahlawan Masa Kini

Cianjur – Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghargai jasa para pahlawan.  Demikian ungkapan The Founding Fathers Bung Karno. Untuk itulah Indonesia setiap tahun pada tanggal 10 November selalu memperingati hari Pahlawan. Hari Pahlawan perlu diperingati karena pada tanggal tersebut rakyat dengan penuh semangat bersatu padu mengusir penjajah yang berniat menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia. Sesuai dengan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI nomor 1561/SEK/HM.01.2/11/2019 tertanggal 06 November 2019 perihal Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019. Demikian halnya Pengadilan Agama Cianjur turut serta menyelenggarakan upacara Hari Pahlawan pada 11 November tepat pukul 08.00 WIB bertempat di halaman kantor Pengadilan Agama Cianjur. Ketua Pengadilan Agama Cianjur Dr. H. Azid Izuddin, M.H. bertindak sebagai Pembina upacara. Seluruh hakim, panitera, sekretaris, pejabat fungsional, struktural,, pegawai dan tenaga honor ikut turut serta mengikuti upacara.

 

Ketua Pengadilan Agama Cianjur Dr. H. Azid Izuddin, M.H.
membacakan amanat Menteri Sosial RI pada peringatan Hari Pahlawan

 

Pengibaran bendera diiringin menyanyikan lagu Indonesia Raya, selanjutnya mengheningkan cipta selama 60 detik guna mendoakan jasa-jasa para pahlawan yang telah tiada, kemudian diikuti pembacaan teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945.

Peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan tidak hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.  

 

Peserta Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019

 

Dalam amanatnya, Pembina upacara membacakan amanat Menteri Sosial RI. Beliau mengungkapkan, dengan peringatan Hari Pahlwan diharapkan akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. Selain itu, Peringatan Hari Pahlawan membangkitkan semangat berinovasi bagi anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sesuai dengan tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019”Aku Pahlawan Masa Kini.”

 

Peserta Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019

 

Jika dahulu semangat kepahlawan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, herta, bahkan nyawa. Saat ini, untuk menjadi pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjaja, tetap juga dengan menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, membawa nama harum Indonesia di mata dunia. “Mari memaknai Hari Pahlawan dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju,” tambahnya.

“Marilah terus menerus memupuk nilai kepahlawana agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insane masyarakat Indonesia. Selamat Hari Pahlawan, semoga Allah senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada bangsa Indonesia agar dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu negeri,” ujarnya. Jadilah Pahlawan Masa Kini yang membanggakan negeri. (dini)