Seputar Peradilan

Pengadilan Agama Cianjur telah melaksanakan Retensi Arsip Perkara dengan memusnahkan berkas perkara bundel A tahun 2005, 2008, dan 2009 pada Selasa (06/08) di halaman belakang kantor PA Cianjur. Berkas tersebut berhasil dipilah oleh tim yang dibentuk oleh Ketua PA Cianjur.

 

Pemusnahan arsip perkara Pengadilan Agama Cianjur

Hal tersebut sesuai dengan surat Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat nomor W1a-A/1676/OT.01.2/IV/2019 tertanggal 24 April 2019 tentang Retensi Arsip Perkara. Dalam surat tersebut Ketua PTA Jawa Barat berharap arsip perkara tahun 2009 ke bawah berkas perkara kebendaan ditata secara utuh, mengarsipkan berkas putusan, akta cerai/surat keterangan tentang terjadinya talak, serta buku register disimpan secara utuh.

 

Pemusnahan arsip perkara Pengadilan Agama Cianjur dengan cara dibakar

 

Atas dasar hal tersebut, PA Cianjur melakukan pemusnahan berkas perkara. Ketua PA Cianjur Dr. H. Azid Izuddin, M.H. langsung merespon cepat surat tersebut dengan membentuk Tim Retensi Arsip Perkara di PA Cianjur pada tanggal 30 April 2019. Sejak dibentuk tim tersebut, di bawah kepemimpinan beliau tim memilah berkas perkara yang berada di ruangan arsip. Ia berharap pemusnahan berkas tersebut, putusan dan berkas perkara dapat tertata dengan baik dan mempunyai daya telusur lebih cepat untuk mencari perkara lama.  

 

Arsip perkara Pengadilan Agama Cianjur tahun 2005, 2008, dan 2009 yang akan dimusnahkan

 

Demikian pula harapan Panitera PA Cianjur Achmad Chotib Asmita, S.Ag. semoga berkas perkara yang belum terpilah yaitu tahun 2006, 2007 dan tahun sebelumnya dapat segera teratasi sehingga berkasa perkara tersusun dengan rapi. (dt)