Seputar Peradilan

Jum’at pagi ini (02/08), bertepatan di kantor Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur Pengadilan Agama Cianjur menggelar Sidang keliling itsbat nikah massal. Untuk menuju Kecamatan Campakamulya, menempuh perjalanan darat dari kantor PA Cianjur selama 2 jam atau 47 km. Ketua Pengadilan Agama Cianjur Dr. H. Azid Izuddin, M.H. dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada 100 pasangan yang sudah melakukan itsbat nikah. Beliau berharap dengan adanya itsbat nikah ini tidak ada lagi keraguan atas status pernikahan. Ketua PA Cianjur ini pun mengucapkan terima kasih kepada Kepala KUA Kecamatan Campakamulya yang langsung merespon dengan langsung menyiapkan buku nikah kepada seratus pasangan tersebut. Tak luput pula, Ketua PA Cianjur mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemda Cianjur dengan menyediakan transportasi untuk awak pengadilan agama. 

Ketua Pengadilan Agama Cianjur Dr. Azid Izuddin, M.H., Plt. Bupati Cianjur H. Herman Suherman, S.T., M.Ap,
Camat Campakamulya Edi Suherman, A.Md, Kepala KUA Campakamulya (Ki-Ka)

Plt. Bupati Cianjur H. Herman Suherman, S.T., M.Ap turut hadir menyempatkan diri dalam penyelenggaraan sidang keliling Itsbat nikah massal ini. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya Itsbat nikah di Kecamatan Campakamulya. “Sudah sah secara Negara, selamat kepada bapak ibu. Ini sejarah bagi bapak ibu semua. Banyak manfaat dengan memiliki buku nikah ini,” ungkap beliau. Plt. Bupati Cianjur menghimbau hal ini harus disosialisasikan. “Semoga tidak ada lagi pernikahan secara siri, ke depannya, yang akan menikah untuk memanfaatkan KUA karena biaya untuk menikah sudah murah,”harap beliau. 

Plt. Bupati Cianjur H. Herman Suherman, S.T., M.Ap memberikan sambutan

Nantinya, Pemda Kabupaten Cianjur melakukan kerjasama dengan Pengadilan Agama Cianjur dengan menyediakan anggaran pemerintah untuk itsbat nikah ini. 

Suasana itsbat nikah di Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur

Penyelenggaraan sidang keliling itsbat nikah massal ini menggunakan anggaran DIPA untuk 60 perkara, sedangkan 40 perkara lagi menggunakan dana mandiri pihak perkara. Di akhir acara, Plt Bupati dan Ketua Pengadilan Cianjur memberikan secara simbolis penetapan itsbat nikah dan juga buku nikah yang dikeluarkan KUA Kecamatan Campakamulya. (dt)