Seputar Peradilan

Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Cianjur, Selasa 15 Januari 2019 diselenggarakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Acara tersebut di hadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Cianjur, Kepala Kejaksaan Negeri Cianjur, Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur, Perwakilan Kodim 0608 Cianjur, Perwakilan Polres Cianjur. Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Cianjur, Selasa 15 Januari 2019 diselenggarakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Acara tersebut di hadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Cianjur, Kepala Kejaksaan Negeri Cianjur, Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur, Perwakilan Kodim 0608 Cianjur, Perwakilan Polres Cianjur, Perwakilan MUI Kabupaten Cianjur. 

Ketua Pengadilan Agama Cianjur berfoto fengan unsur Muspida Kabupaten Cianjur 
(ki-ka) MUI Kab. Cianjur, Ketua PN Cianjur, Sekda Kab. Cianjur, Ketua PA Cianjur, Kodim 0608 Cianjur, Kajari Cianjur

Langkah awal penataan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik melalui Reformasi Birokrasi masih menghadapi banyak kendala yaitu berupa penyalahgunaan wewenang, praktik KKN dan lemahnya pengawasan.  Melalui Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 telah ditetapkan 3 target pencapaian sasaran hasil utama yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik. Adapun pelaksanaan program reformasi birokrasi pada unit kerja diwujudkan dalam upaya Pembangunan Zona Integritas.

Unsur Muspida Kab. Cianjur beserta pegawai Pengadilan Agama Cianjur mengikuti acara pencanangan zona integritas

Pembangunan Zona Integritas   melalui 2 tahap, yaitu Pencanangan Pembangunan Zona Integritas dan proses Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM. Pada tahap pencanangan, deklarasi/pernyataan dilaksanakan melalui  Penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan ZI oleh Pimpinan satuan kerja. Kegiatan ini merupakan pernyataan bahwa satkernya telah siap membangun ZI.  Pencanangan ini dilakukan oleh satker yang seluruh pegawai telah menandatangani dokumen pakta Integritas. Adapun pencanangan dilakukan secara terbuka.

Tahapan selanjutnya yaitu proses pembangunan ZI menuju WBK/WBBM yang merupakan tindak lanjut dari pencanangan pembangunan ZI. Penerapan komponen pembangunan ZI sebagaimana diatur dalam PermenPAN-RB tentang Pedoman Pembangunan ZI-WBK.  Dalam membangun ZI, pimpinan Unit Eselon I menetapkan calon unit kerja berpredikat WBK. Terdapat 2 jenis komponen yang harus dibangun oleh unit terpilih, yaitu komponen pengungkit yang masing-masing memiliki target yang ingin dicapai dan komponen hasil. Komponen pengungkit merupakan komponen yang menjadi faktor penentu pencapaian sasaran hasil pembangunan ZI menuju WBK/WBBM.  Terdapat 6 komponen pengungkit, yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.  Melalui 6 komponen dimaksud, diharapkan dapat menghasilkan sasaran pemerintahan yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan kualitas pelayanan publik, sebagai komponen hasil.

Foto bersama unsur Muspida Kab. Cianjur dengan Ketua PA Cianjur, Wakil Ketua PA Cianjur, Sekretaris PA Cianjur, Panitera PA Cianjur

Ketua Pengadilan Agama Cianjur dalam sambutannya mengatakan dengan pencanangan Zona Integritas membuktikan bahwa Pengadilan Agama Cianjur tidak main-main dalam hal menegakkan kebenaran dan keadilan. Pada kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur Drs. H. Aban Sobandi, S.H. M.M. juga memberikan sambutan yang pada initinya sangat mendukung pencanangan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM. Acara dilanjutkan dengan penandatangan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang disaksikan oleh unsur Muspida.