Seputar Peradilan

 

Wakil ketua PA Cianjur ,Drs Faizal Kamil SH MH berikan sambutan sekaligus membuka acara kegiatan isbat nikah masal

Dengan adanya MoU antara Pengadilan Agama (PA) Cianjur dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Azhary Nomor : W 10 – A 13 /274/HM.01.1/I/2018 dan Nomor : KS.205/I/2018?STAI Al-Azhary pada tanggal 30 Januari 2018 Perjanjian kerjasama (Memorandum of understanding). Pada hari Selasa tanggal 27 Februari 2018 implementasinya dapat dirasakan secara langsung , terutama program kegiatan yang menyentuh bagi masyarakat Kabupaten berupa identitas status hukum , kutipan atau buku Nikah. Dan hal ini mendapat perhatian penuh dari Civitas Akademika STAI Al-Azhary dibantu oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) selaku panitia kegiatan tersebut. PA Cianjurjuga telah merespon positif kegiatan ini dengan dana mandiri dari masyarakat. Antusias masyarakat yang telah mendaftarkan diri sebagai pasangan calon Isbat nikah terdiri dari 30 (tiga puluh) pasangan hadir sejak pukul 07.00 wib. Acara dibuka pada pukul 08.00 Wib sd. 08.30 wib di aula utama kampus STAI Al-Azhary berjalan lancar. Dalam sambutan yang sekaligus membuka acara tersebut Drs. Faizal Kamil SH MH, wakil ketua PA Cianjur yang mewakili Ketua PA Cianjur ,Drs H Mahmdu HD MH menyampaikan salam takzim kepada seluruh peserta calon isbat nikah serta panitia penyelenggara, selnjutnya disampaikan pula bahwa kegiatan ini diselaraskan dengan anggaran Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama atau DITJENBADILAG Mahkamah Agung Republik Indonesia, namun terkadang anggaran itu tidak mencukupi quota yang dimohonkan masyarakat yang membutuhkannya. Oleh karenanya dengan dana/anggaran secara mandiri PA Cianjur merespon positif sebagai fasilitator mendukung program ini.

 

 

 Dengan dipimpin oleh Hakim Senior Dra. Hj. Euis Nurjannah MH ,dibantu Panitera-pengganti Eli Patmawati SH serta operator admin untuk kegiatan ini , Firmansyah Priatna dan Andi Kurnia S.sos.semuanya diharapkan berjalan lancar.

STAI Al-Azhary telah 6 (enam) kali melaksanakan program Isbat Nikah ini akan tetapi baru kali ini dilakukan di kampus. Sambutan hangat juga disampaikan ole PUKET 3 Drs. H. Dadang Zaenal Muttaqin,MM.MPd. yang menegaskan sangat berterima kasih atas kerjasama yang dibina bersama dengan PA Cianjur, dengan harapan program ini secara berkesinambungan dapat terwujud demi mengimplementasikan TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI yaitu berupa pengabdian terhadap masyarakat serta membantu dari aspek identitas hukum ini adalah merupakan meringankan beban problem social kemasyarakatan , agar ada kepastian hukumnya. Karena pasanganyang hadir ini secara Syar’I menikahnya sudah terpenuhi hanya saja secara hukum Positif belum tercatat di KUA. Kecamatan, dengan demikian hri ini PA Cianjur mellui kewenangannya akan membantu melayani kegitan ini secara optimal.

Foto Pejabat PA. Cianjur dan Para Peserta Isbat Nikah

Alhasil acara pembukaan yang lancar, diimbangi sampai selesainya acara ke 30 pasangan akhirnya mendapatkan Penetapan untuk dikabulkan permohonannya itu. Prosesi acara sampai akhir berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan harapan dari pihak STAI Al Azhary maupun PA Cianjur. (red.PA Cianjur.go.id)