Seputar Peradilan

ISBAT NIKAH DESA CIPANAS KECAMATAN CIPANAS KABUPATEN CIANJUR 2017


Bertempat di hotel Palace, Cipanas, (17/11), Pengadilan Agama Cianjur menyelenggarakan sidang pelayanan itsbat terpadu bekerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama Kabupaten Cianjur dan Kementerian Agama Kabupaten Cianjur. Dalam kesempatan ini berhasil disidangkan sebanyak 161 pasangan. Selebihnya sekitar 175 pasangan lagi akan dilaksanakan pada bulan Desember mendatang.


Hadir dalam pembukaan acara tersebut, Ketua PCNU Kabupaten Cianjur beserta jajarannya, unsur muspida, MUI Kabupaten Cianjur, Kepala Kemenag Kabupaten Cianjur, serta para tokoh masyarakat Cianjur. Dalam sambutannya, Ketua PCNU Kabupaten Cianjur, KH. Khoirul Anam menyatakan bahwa itsbat nikah terpadu ini diadakan sebagai bukti kepedulian NU dalam menyelesaikan permasalahan kependudukan masyarakat dalam hal kepastian identitas hukum. Khoirul Alam juga mengucapkan terima atas kerjasama dengan Pengadilan Agama, Kementerian Agama dan manajemen hotel Palace yang telah menyediakan tempat berlangsungnya acara ini.

Sementara itu Ketua Pengadilan Agama Cianjur, Drs. H. Mahmud HD, MH. dalam sambutannya menyatakan bahwa pelayanan itsbat nikah terpadu adalah merupakan program kegiatan rutin yang didasarkan atas Peraturan Mahkamah Agung RI No.1 Tahun 2015 dimana dalam Perma itu disebutkan bahwa pelayanan terpadu semacam ini dapat dibiayai oleh pihak ketiga, ormas, atau lembaga lainnya yang tidak mengikat demi kepentingan penerima manfaat pelayanan terpadu. Selama tahun 2017 ini Pengadilan Agama Cianjur telah mengeluarkan penetapan itsbat nikah terpadu sebanyak 1.328 buah. Jumlah ini masih akan bertambah sejumlah 270 perkara pada bulan Desember yang akan datang, yang pembiayaannya diperoleh dari APBN, Ormas maupun APBD Kabupaten Cianjur, imbuh Ketua Pengadilan Agama tersebut.

 

Pelaksanaan itsbat terpadu ini diselingi pula dengan pemberian penetapan secara simbolis kepada enam pasang peserta itsbat, diawali dengan tawasul khas NU serta dimeriahkan oleh grup marawis.